APLIKASI PENJADWALAN PENGADAAN BARANG MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIO
Abstract
Data mining merupakan kegiatan untuk menganalisa data berdasarkan pandangan
tertentu kemudian membuay kesimpulan berbentuk informasi-informasi yang bermanfaat
memabntu mendapatkan keuntungan, pengeluaran biaya menjadi lebih kecil. Algoritma Apriori
merupakan bagian dari metode asosiasi yang terdapap pada data mining. Apriori bermanfaat untuk
mendapatkan frequent item sets di sejumlah data. Kegiatan Analisis Apriori menjadi suatu langkah
untuk mendapatkan aturan pada Algoritma Apriori menjadikan syarat minimum confidence dan
support. Proses optimalisasi jadwal untuk persediaan barang seperti yang dibutuhkan perusahaan
dengan memanfaatkan teknik data mining dengan metode algoritma apriori. Data hasil proses
transaksi penjualan barang di Toko Obat digunakan sebagai data analisa pada penelitian. Penjualan
barang dalam satu transaksi menjadi data analisa menggunakan algoritma apriori. Proses analisa
data-data menghasilkan ketentuan bahwa batas trasnsaksi semakin kecil kemudian minimum
confidence berpengaruh terhadap rules yang ada. Berdasarkan kondisi seperti tadi tentunya waktu
proses akan lebih lama jika dibandingkan batas transaksi minimum confidence besar.
Keyword: Pengadaan Barang, Data Mining, Apriori, Confidence