PENERAPAN ATURAN ASOSIASI ALGORITMA APRIORI MENJADI MODEL PEMASARAN PENJUALAN BARANG
Abstract
Kegiatan bisnis penjualan produk tetap berlanjut dengan baik jika dilakukan dengan
benar. Salah satu proses untuk membantu kegiatan bisnis ini berjalan berkelanjutan adalah dengan
menggunakan Teknik prediksi untuk memperkitakan pelanggan tetap terus membeli produk yang
tersedia. Kebiasaan pembeli dapat dijadikan data untuk mempediksi barang apalagi yang akan
dibeli. Berdasarkan data-data transaksi yang tersimpan dapat digunakan untuk memprediksi
trnsaksi penjualan berikutnya yang dilakukan oleh pelanggan. Teknik penggalian data atau data
mining dapat membantu dalam membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan tentunya secara
langsung dapat meningkatkan penjualan. Penggalian data transaksi penjualan tersebut berusaha
mendapatkan informasi yang membantu menyediakan produk yang dibutuhkan oleh pelanggan
sehingga kepuasan pelanggan dapat disalurkan dengan baik. Berbagai macam Teknik penggalian
data menggunakan bermacam algoritma data mining yang dapat digunakan. Algoritma apriori
adalah salah satu algoritma data mining dapat digunakan menganalisis transaksi penjualan barang.
Penggalian data mengguakan algoritma apriori membentuk aturan asosiasi yang memberikan data
kebiasaan transaksi pembelian pelanggan. Berdasarakan penjelasan tersebut peneliaian ini
dilakukan dan menghasilkan strategi dalam pemasaran produk seperti mendeain katalog, membuat
ikan, memberikan informasi penawaran dan diskon.
Keyword: data mining, aturan asosiasi, algoritma apriori, pemasaran.